Beranda > Tutorial > Membuat Logo

Membuat Logo

Satu Jam Membuat Logo Bersama CorelDraw12

Hai teman-Teman kemarin saya udah janji akan mengeluarkan sebuah tutorial yang tidak kalah menarik dari tutorial yang sebelumnya .

Kali ini saya akan mengajak teman-teman atau mas..mas pokoknya semuanya dech yang suka bertualang didunia maya.

Nah apa sih yang menarik untuk materi kali ini?. Sebelumnya coba lihat gambar .A.1, Teman-teman udah bisa pada nebak gambar apakah itu?”

“Saya tahu pak ,Gmbr orang senam…….”

Bener banget tuh yang ngomong kaya gitu ……he……he…

Biar dech di bilang gmbr orang senam yang penting aku kan pinter….(kepedean banget…neh….) .

Udah dulu ya becandanya soalnya saya bukan tukul Arwana empat mata..”.

Sesuai judulnya aplikasi software yang akan kita gunakan kali ini yaitu CorelDraw-12 Membuat logo tidak hanya terpaku menggunakan aplikasi ini, Teman-teman juga bisa menggunakan Macromedia Freehand, Adobe illustrator, page maker.inskape(linux) dll.

Dan yang terpenting hasilnya tetap sama,jadi jangan khawatir gambar logonya jelek.Kalau jelek gmana?. Gampang kasih aja sama aku….atau nyuruh yang lain beres kan….”he…he…..

Nah kira-kira itulah software –software yang bisa digunakan untuk membuat logo.

Untuk materi kali ini saya berasumsi kalau teman-teman udah punya software CorelDraw-12, jadi saya nggak bisa menjelaskan cara menginstalnya jadi cari sendiri ya…!!”

Kita langsung aja buka CorelDraw12nya nih saya kasih contoh gambar ketika masuk kedalam CorelDraw.

Nah kira-kira seperti itulah gambar tampilan pertama.

Lalu pakah yang harus saya lakukan?”,

Tunggu dulu Sabar ya!,saya mau jelasin sedikit tentang 6 gamabar(icon)di gambar tersebut.

* New,menu new di gunakan ketika kita memulai lembar kerja yang baru dan desain yang baru.

* Recentaly Used menu yang memungkinkan kita membuka lembaran kerja yang sempat kita tutup dan secara otomatis tersimpan di file CorelDraw12 asal di klik Yes.

* Open kalau menu ini pasti udah pada tahu maksudnya ,udah pada tahu enggak tahu…..he…he….banyol doang bos…”,menu yang memungkikan kita membuka file yang sempat kita simpan dan kemudian akan kita perbaiki.

* CorelTutor menu yang menyediakan layanan tentang coreldraw baik itu bagaimana caranya membuat logo, grafik hanya saja bersifat dasar jadi ya harus belajar sendiri, iya nggak?.

* New from tempelate menu ini menyedikan beberapa tempelate yang di sediakan coreldraw dan tempelate ini bisa di edit , contohnya membuat bingkai Foto atau kartu undangan .

* What’s new ? ini hanya menu tambahan seputar kelebihan dari coreldraw12, jadi untuk menu yang satu ini boleh dibaca atau ngggak.

Untuk memulai yang baru klik new selanjutnya akan tampil sebuah halaman kosong , disitulah kita akan membuat logo yang sudah kita janjikan.

Sedangkan untuk ukuran kertas kita tidak akan menentukan dahulu karena kita disini bukan buat poster tapi logo .kenepa logo tidak ditenukan ukuran kertasnya ?”Maksudnya untuk mempermudah sewaktu kita mengerjakannya Penetuan ukurannya kita kan menggunakan Photoshop,” hanya tambahan aja lho mumpung saya lagi baik nih …..”.

Untuk disini ada beberapa tool ang mesti dipahami tapi saya tidak akan menjelaskan semuanya hanya yang dianggap perlu saja untuk yang lainnya boleh didownload di www.geocities.com/rudih_kng kalau nngak dapet boleh minta sama saya asal kasih Emailnya aja .”Tumben ya saya jadi baik……”

Nah dibawah ini tool yang akan kita gunakan :

pick tool ,tool yang akan sering kta gunakan dalam proyek kita ini.tol ini secara keseluruhan berfungsi untuk memindahkan objek atau menselekjsi objek.

Menu text tool menu yang digunakan untuk menuliskan tex pada suatu object.

Setelah kita memilih object terlebih dahulu menggunakan pick tool .

Menu yang bergambar ember(TolPain) ini akan sering kita gunakan dalam pewarnaan khusnya warna degradasi penggabungan dua gambar atau lebih.

Menu Elips tool berguana untuk membuat garis berbentuk lingkaran.

Pan tool , tool ini berguana untuk menentukan arah lengkung pada object

sharp Tool , berguna untuk menentukan titik yang akan kita ubah pada suatu object.

Recentegle Tool jyang digunkan untuk menggambar objek /grafik berbetuk persegi

Oke kita mulai aja dengan membuat gambar object berbentuk persegi dengan menggunkan recentegle tool. Seperti contoh di bawah ini:

Setelah berhasil menggambar object persegi lalu pilih menu

Pan tool dan setelah itu pilih menu Sharp Tool setelah itu teman-teman boleh mengubah posisi/bentuk gambar tersebut dengan menggerakan titik yang ada di object tersebut.

Setelah itu kita coba buat lingkaran atau ellips tentunya ini perkara yang gampang bukan?.

Anda tinggal memilih menu Elips tool kemudian klik pada area kerja tahan dan tentukan ukuran dengan menggeser-geser mouse .

Selanjunya kita akan membuat linkaran yang kedua yang lebih besar dari yang pertama , lingkaran yang kedua adalah lingkaran diamana kita kan meletakan tulisan atau text diatasnya .

Seperti biasa untuk membuat linkaran kita kan menggunakan Elips tool seperti contoh gmbr berikut:

Setelah berhasil membuat lingkaran yang lebih besar , selanjutnya kita akan mengroup gambar yang terletak di sebelah kanan(bagian logo yang akan kita letakan di dalam lingkaran).

Caranya klik satu persatu (lingkaran kecil dan badan manusia tak jelas…he…he..)sambil menekan Ctrl pada keyboard computer kita .setelah itu klik kanan dan akan ditampilkan seperti gambar di samping.(Ctrl+G). sekarang coba anda gerakan gambar tersebut ! ,maka gambar tersebut menjadi satu, nah jadi tahu dong fungsi group buat apa?”.

“Buat nyatuain gambar mas”….Betul itu….,”Siapa yang jawab tuh”, Pasti orang pinter nih…(Maunya…).

Untuk memberi text diatasnya coba klik lingkaran yang akan kita beri text setealah mucul titik point ,lalu klik Text Tool kemudian klik di lingkaran tersebut seperti gmbar berikut:

Yang ditunjukan garis itu merupakan tempat kita akan meletakan text yang kita inginkan.

Klau text telah kita selesaikan dengan baik maka tahap berikutnya kita akan memberi warna sesuai kebutuhan kita .

Caranya klik gambar yang akan diberi warna dan kemudian pilih menu Paint Tool ,Kemudian pilih Fontain Fill, “Tapi mas saya belum tahu gimana nentuin warnanya ?”ya udah ta kasih tahu aja mumpung saya lagi baik hati…..he..he…nih gambarnya:

di dalam fontail fiil terdapat pilihan untuk menentukan desain warna yang kita inginkan. pada Type , Merupkan bentuk degradasi yang di sediakan oleh coreldraw. Ada beberapa pilihan yaitu: Radial.,conical ,square,Linear.jadi untuk yang ini teman-teman bebas menetukan sesuai imajinasi teman-teman sendiri.

Selanjutnya kita dapat lihat ada pilihan Two color dan Costum

Jika teman teman ingin menentukan kombinasi lebih dari satu warna kaya pelangi klik aja Custom maka akan muncul kotak warna yang bisa kita input warnanya secara manual.

Atau bisa juga memilih preset menu ini menyediakan warna hasil kombinasi yang dihasilakn oleh CorelDraw tapi mdisini juga teman-teman bisa memasukan warna sesuai keinginan teman-teman. Kalau udah sepakat menetukan warna tinggal klik Oke.

Maka lihat hasilnya pada gambar A.4, .

Selanjutnya kita akan masuk pada tahap membuat lembaran kertas yang ada di belakang symbol orang yang ada dalam lingkaran yang akan kita letakan di belakang gambar orang(symbol).

Untuk menentukan gambar lembaran kertas teman-teman bisa buka Microsoft office| Autoshape |Basic shape lalu klik dilembar kerja Microsoft office setelah terlihat gambarnya klik kanan|Copy.

Lalu buka lembar kerja CorelDraw kemudian klik di area lembar kerja CorelDraw klik kanan| paste.

Maka teman-teman akan melihat hasilnya.Lalu gimana supaya bersusun kebelakang ?” teman-teman tinggal pilih gambar tersebut lalu pilih copy dan kemudian paste sesuai jumlah yang di inginkan.

Jika teman teman mendapat kesulitan untuk meletakan gambar lembaran buku di belakang gambar orang .Enggak usah panic apalagi langsung membanting computer….he….he….yang perlu di lakukan cukup mengklik kanan gambar orang lalu pilih order lihat sebelah kanan pilih ToFront selesaikan, jadi nngak usah langsung marah

“Kalau kata pak ustadz yang sabar disayang tuhan lho…..”Tapi

Kalau sabar nunggu orang lagi buang air besar dan kita juga mau buang air besar, jangan sampai dech…..bisa lain ceritanya(Cuma guyon…)”

Kalau udah bisa dikirim kebelakang teman-teman tinggal atur posisinya sesuai kebutuhan .

Selanjutanya kita masuk ketahap pembutan logo dan Tulisan di dalam logo tersebut.

Untuk mendapat logo yang bentuknya kaya pita, teman-teman buka lagi program Microsoft office dan cari di Autoshape pasti di situ ada.Caranya sama seperti kita memasukan lembaran kertas di pembahasan diatas ,

Setelah logo pita itu mmasuk kedalam lembar kerja coreldraw, selanjutnya teman-teman mesti ketik dulu text yang akan mengisi di logo berbentuk pita tersebut.

Tempat pengetikan text tersebut itu bebas karena bisa di pindah-pindahkan sesuai keinginan teman-teman. Contohnya ada di bawah nih

Seperti contoh di gbr. Teman-teman tinggal atur posisi nya sampai penampilannya rapih dan yang pastinya bagus betul enggak.

Kalau udah rapih tinggal di group caranya dklik salah satu-satu gambar tersebut sambil menekan tombol Ctrl setelah itu klik kanan dan pilih menu Group(Ctrl + G).

Kalau uadh di group selesai dech buat logonya dan tinggla kita simpan.

“Asyik udah selesai …..”Eith…..tunggu dulu terus kita belum tahukan gimana caranya supaya hasil gambarnya jadi tajam?”gak tahu kan?”

Tadi Kan saya udah bilang saya akan sedikit kasih bocoran ya anggap aja saya beramal.daripada kelamaan nunggu mendingan langsung aja oke !

Lets go….

Setelah project kita selesai lalu kita pilih menu

File|Export dan simpan dengan format *psd(Adhobe photoshop) klik oke .

Nah sekarang file grafik coreldraw udah kita ganti dengan format photoshop artinya kita bisa mempertajam gambarnya dong?”.

Terus gimana caranya untuk mempertajam logo tersebut terus gimana nentuin ukuran kalau mau di print?”,

Pertanyaan yang hebat , tapia sayanganya tiba-tiba kepala saya pusing jadi udah dulu ya”, Lain kali saya jawab dech di utnggu aja di edisi yang lain pasti saya bahas soal ini .

Terus Sparasi itu apa sih ?”.nah yang ini juga perlu tahu tuh, tapi saya udah cape nech….

Dah dulu ya …….Bye…..bye

Eh ada yang ketinggalan nih,… kalau mau Tanya soal yang ada hubungannya dengan materi kita kali ini boleh dech kirim email ke:

Jombi_par@yahoo.com

About these ads
Kategori:Tutorial
  1. uthyeq
    Januari 31, 2009 pukul 9:34 am

    yup… bisa dijadikan referensi… soalnya, aku lagi butuh…

  2. Mei 12, 2009 pukul 1:45 pm

    Lumayan…!

    • rahmatvinacerpus
      Mei 13, 2009 pukul 7:13 am

      Makasih …

  3. sugeng
    Agustus 5, 2009 pukul 11:12 am

    artikel yang bagus tuh broo..

    jangan lupa kunjungi blog saya yah..

    saya menerima pembuatan logo murah, cepat dan pastinya modern loh..

    http://iplogodesign.blogspot.com

  4. Mei 9, 2010 pukul 7:51 am

    sayaingin membuat logo scrpion

  5. Maman Firmansyah
    September 10, 2011 pukul 12:09 am

    keren………banget !!! makasih ah..sudah berbagi infonya.

  6. November 24, 2012 pukul 10:53 pm

    mantap Gan. Visit balik yah di http://corelpemula.blogspot.com/2012/10/membuat-logo-indosiar-dengan-corel-draw.html?m=1
    ditunggu juga komentarnya

  7. Februari 14, 2013 pukul 3:26 am

    Hello, i think that i saw you visited my blog so i came to “return
    the favor”.I am trying to find things to enhance my website!

    I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  8. Mei 13, 2013 pukul 1:46 pm

    Generally I don’t read post on blogs, however I would like to say that this write-up very compelled me to try and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, very great post.

  9. Mei 21, 2013 pukul 8:12 pm

    What a data of un-ambiguity and preserveness of valuable know-how
    concerning unpredicted emotions.

  10. September 18, 2014 pukul 2:08 am

    Nice post. I was checking constantly this weblog and I’m inspired!
    Extremely useful info particularly the last phase :) I take care of such information much.

    I was looking for this certain information for
    a very long time. Thank you and good luck.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: