Beranda > Tutorial > Trik Menggabungkan Dua gambar Dengan Photoshop

Trik Menggabungkan Dua gambar Dengan Photoshop

Trik Menggabungkan Dua gambar Dengan Photoshop

Sebelum saya menjelaskan tentang penggabungan gambar dengan photoshop ada baiknya saya akan menunjukan sebuah gambar yang berhasil saya manipulasi dengan menggunakan photoshop gimana ‘,,setuju kan?” Ya, biar teman- teman jadi semangat untuk mempelajarinya…

Nah kira –kira gimana menurut pendapat anda ? Pasti teman- teman sangka ini kelihatan susah ya?”.enggk kali mas ?”ya bener banget tuh yang ngomong kaya gitu soalanya saya sangat setuju kalau ada yang bilang seperti itu

Gambar A gambar. B

Kok seneng sih kalau yang susah dibilang gampang ?” karna kalau yang susah di jadikan seneng kita jadi semangat buat nyelesain permasalahan tersebut. Dan yang pastinya “Tidak menyerah sebelum berperang Kan?”(Alias :Pengecut) Pasti teman-teman nggak mau di bilang pengecut kan , Nah kalau nggak mau sama donk kaya saya ,.Nah alasan inilah saya selalu menganggap yang susah menjadi mudah. “Saya kira udah cukup alasan ya?”,….

“Koq gitu sih Mas ?” , So kita disini bukan mau ngebahas alasan But ngebahas penggabungan gambar , Jadi banyak alasan nih ?….He……he……

Sebelum kita beranjak kemasalah kita yang sebenarnya , kita tetukan dulu versi photoshop yang mau di gunakan .untk kali ini saya masih menggunakn photoshop 7.0.

Kalau teman –teman punya photoshop cs2 atau cs3 itu lebih baik .Nah kalau teman –teman ingin lebih nyaman ketika bekerja menggunakan photoshop sebaiknya computer teman-teman mempuyai memori minimal 256 MB ,”Terus kalau kurang dari 256 MB gimana?”. Boleh aja sih, tapi kamu saya sarankan untuk mempersiapkan kesabaran……he…..he..”.

Sealanjutnya teman-teman harus mensetting alokasi memori di komputer yang akan di gunakan photoshop, Supaya teman-teman bisa bekerja lebih nyaman .Nah yang perlu teman-teman lakukan adalah , buka program photoshop setelah itu coba lakukan perintah di bawah ini

Klik Edit|Preferences|Memory & Image Cache….

Gbr.1.2

Atur Cache Level menjadi 8, dan atur agar persentase memory yang digunakan tidak melebihi 70%. Pastikan tersisa minimal 128 MB untuk Windows.

Sekedar tambahan, coba arahkan krusornya kebagian Display & Cursors, aktifkan Use Pixel

Doubling.

Pilihan Use Pixel Doubling akan membuat gambar buram ketika digeser, namun membuat Photoshop bekerja lebih cepat, Nah kalau untuk yang ini sih terserah teman-teman.

Nah untuk persiapakn saya kira udah cukup . Selanjutnya kit akan langsung ke proses kerjanya ja Oke !” Lets Go”.

Setelah tampilan photoshop terbuka coba masukan gambar yang akan di olah (Manipulasi) caranya :

Klik menu |File |Open ,Lalu cari folder tempat anda menyimpan photo.

Gbr.1.3

Nah gambar yang diatas merupakan dua gambar langasung ykang saya masukan kelembar kerja di Photoshop.

Selanjutnya kita akan memindahkan gambar B Pertama –tama kita harus mengcopy masing-masing gambar tersebut caranya pilih tool Marquee pada menu tool bar seperti gambar berikut

Sebelumnya coba kita maksimalkan dulu tampilan dari salah satu gambar yang akan kita copy .Tujuan dari di copy supaya gambar yang kita olah tidak mengubah gambar yang aslinya .

Kalau gambarnya telah tampil dalam bentuk semuanya sehingga kita dapat melihat sisi gambar yang akan kita seleksi .

Barulah kita seleksi dengan tool Marquee seperti gambar 1.4

Jika teman-teman mengalami kesulitan dalam melihat ukuran gambar yang sebenarnya coba anda Tekan (CtrL +) atau( CtrL -)

Gbr 1.5

Setelah menseleksi bagian gambar seperti pada gambar 1.5. pilih menu

|Edit |Copy, lalu close atau miniz gambar yang petama ini.

Setelah keluar dari gambar yang pertama lalu Klik menu |File |New . sampai keluar kotak dialog yang menyuruh anda memasukan ukuran ,nama, dan dll. Seperti gambar berikut

Coba anda ganti namanya menjadi proyek1.

Untuk preset size atau ukuran gambar hasil copyan untuk ini anda bisa gunakan Default Photosop Size supaya ukurannya sama antara yang asli dan yang copyan .

Nah kalau udah begini tinggal klik Oke , setelah keluar tampilan, lembar kerja yang kosong .tekan CtrL + V atau pilih menu |Edit |Paste.

Maka anda akan segera melihat hasilnya jreng……!”

Untuk selanjutnya tinggal mencopy gambar A yaitu gambar orang ganteng yang ada di lembar kerja Photoshop.”Ganteng? jadi pengen ketawa nih…..

Cara kerjanya sama dengan yang pertama (B).

Yang ini ,coba sendiri Oke !.itung-itung melatih megang mouse ….he….he…

Kalau udah sekarang kita akan pindahkan gambar A ke gambar B dimana gambar A seolah-olah ada di dalam gambar B.

Sekarang kita pilih tool Polygonal laso tool seperti pada gambar 1.7 ,sebenarya memilih tool bebas, tapi saya lebih seneng menggunkan tool ya ng satu ini.

Pada gambar A kita Cuma mengambil gambar orangnya aja. Tidak beserta background gambar jadi kita perlu membuang backgroundnya dengan cara memotongya.Perhatikan Gbr .1.8 .gambar pertama sebelum di potong yang kedua setelah di potong Nampak pada gambar background menjadi warna putih pada bagian sebelah kiri gambar tesrsebut. Setelah menseleksi gambar (sampai-

Edit point pertama dengan edit point terakhir) setelah bertemu, Lalu tekan Delete pada key board. Lihat pada gmbar pertama!.Setelah berhasil menghilangkan bacgroundnya maka tahap pertama sudah sukses dan kita tinggal memindahkan gambar tersebut ke gambar B dengan bantuan tool Move .Klik menu tersebut (jangan di lepas dulu) kemudian arahkan ke gambar A sambil tekan pula tombol Alt secara bersamaan.

Lalu geser mouse kearah gambar B, setelah masuk ke gambar B lepaskan klik mousenya dan lihat hasilnya seperti pda gambar 1.9.

Kalau sudah seperti ini kita tinggal atur posisinya untuk mengaturnya ,pertama-pertama kita klik dulu gambar yang ada di layer, lalu arahkan tool Move ke gambar yang akan kita atur posisinya . Dengan mengklik tahan dan geser atau jika kita ingin, mengubah background atau gambar B kita juga harus mengklik Layernya terlebih dahulu barulah setelah itu mengeditnya

Jika posisinya sudah sesuai dengan yang kita inginkan .Tentunya kita tinggal menyimpan hasil tersebut .Tetatpi sebelum menyimpannya kita mesti menyatukan gambar tersebut dengan cara. Menggunkan Recentagle marquee tool pada bar tool (lihat gbr .1.4).seleksi gambar terlebih dahulu kemudian ikuti langkah sebagai berikut.

Pilih menu|Image |Crop ,

Selanjutnya kita tinggal mrnyimopan gambar tesebut dengan cara

klik|File |save As ,

Setelah mucul kotak dialog meminta agar anda di mana akan menyimpan hamsil karya anda tersebut .selanjunya pada format file anda bisa memilihnya sesuai kehendak anda dengan mengklik select size pada kotak format file.Biasanya disitui ada bnayak pilihan mulai*. Jpeg, *. Gif dll.

Untuk menyamarkan agar garis pertemuan gambar A dan gambar B atau agar terlihat lebih asli coba anda select gambar A dengan tool Magic wand . Setelah itu pilih menu

|Select |Father, lalu mucul kotak dialog meminta berapa ukuran pixel yang akan anda gunakan untuk ini anda sesuaikan saja jika anda merasa sudah setuju klik Oke setelah itu tekan tombol Delete dan anda akan segera melihat hasilnya (catatan hal ini bisa dilakukan sebelum anda mengcropnya)

Nah gimana kira-kira bisa nggak atau jadi tambah pusing ?” baguslah kalau pusing emang begitu kalau belajar yang benar bisa buat pusing .Tapi kalau teman –teman masih pusing atau mau Tanya sola trik mnggunakan Photoshop teman-teman boleh Tanya atau kirim aja emailnya ke : jombi_par@yahoo.com atau rahmat_vina@yahoo.com. Terserah mau pilih yang mana dan mudah-mudahan saya bisa kasih solusinya mengenai persoalan trik menggunakan Photoshop.

Udah dulu ya ?” di session lain pasti kita ketemu lagi dengan pembahasan materi yang tentunya tidak kalah menarik. Selamat mencoba dan terimakasih atas perahtiannya Sayonara !!!!!!

About these ads
Kategori:Tutorial
  1. Agustus 9, 2008 pukul 5:53 am | #1

    Assalamu ‘alaikum
    Ok dah q hrs buru2 praktek mi
    makacih
    Wasalamu ‘alaikum

  2. K
    Oktober 18, 2008 pukul 11:15 am | #2

    bLog waLking :D

    • dita
      Mei 31, 2009 pukul 3:57 pm | #3

      blog walking itu apa ?

  3. Ricky Falrius
    November 21, 2008 pukul 7:59 am | #4

    Trik yang kamu beritahu sangat bagus dan bermanfaat. tapi saya mau minta trik yang lain donk? bagaimana cara membuat gambar dalam satu kertas melalui photoshop? tolong dikasih tau ya…..

  4. Desember 30, 2008 pukul 3:24 am | #5

    thanks for sharing :)

    reply:
    Sama-sama :)

  5. Fifian
    Januari 3, 2009 pukul 1:06 pm | #6

    Allow Buoz,,, caranya gabungin gambar yang satu dengan yang laen tu gimana sih…? pokoknya dalam satu kotak tu da banyak foto gitu lho…? tolongin Q zua….

  6. rahmatvinacerpus
    Januari 3, 2009 pukul 2:37 pm | #7

    To : fifian,
    caranya Sama aja , tinggal kita ubah-ubah posisi layernya, untuk efek guanain aja Blending,atau kamu bisa juga gunakan copy paste dan sesuaikan dengan layernya,untuk mengatur efek gerak kamu bisa guanain Fungsi Skew , gampang kan….He,,,He… :) oke entar saya buatin tutorialnya yang lebih keren yaitu bagaiamana memanipulasi gambar …

  7. rahmatvinacerpus
    Januari 3, 2009 pukul 2:41 pm | #8

    to riky fairus,

    kamu bisa memanfaatkan Menu size, untuk gmabr dalam satu kertas kamu buat aja dulu dipothosop terus simpan dalm jpg,terus copy ke document word jadi deh,….. :)

  8. Januari 9, 2009 pukul 4:02 am | #9

    Triks untuk membuat Photo seperti Cover Majalah ada ga Mas ??

    Thanks

    • rahmatvinacerpus
      Januari 15, 2009 pukul 11:03 am | #10

      banyak mas cari aja di toko buku, tapi kalau pengen lebih kreatif mendingan desain sendiri aja he…he… :)

  9. harr
    Januari 12, 2009 pukul 10:47 am | #11

    thnx berat bro…..

  10. hanZ
    April 28, 2009 pukul 10:31 am | #12

    hallo,, mas,
    saya hanZ, tolong kasih info tentang penggabungan aksesosis rumah, seperti tiang rumah, jendela rumah, dll.
    gamana ya caranya????

    sebelumnya terima kasih ya,,

  11. Juli 17, 2009 pukul 11:03 am | #13

    tips-nya gw simpen bos.

  12. andrijani
    Agustus 1, 2009 pukul 10:50 pm | #14

    Download program photoshop yang free, dimana ya? Atau harus beli programnya?

  13. Agustus 10, 2009 pukul 9:36 pm | #15

    sip, mksaih bos…
    lgsung prktek ne…

  14. lukman
    Oktober 5, 2009 pukul 9:15 pm | #16

    thx brow gue lang sung praktek lahhhh

  15. vitri
    Maret 4, 2010 pukul 4:22 pm | #17

    aku udh biza , thx yoW ^^

  16. hafizah
    Mei 23, 2010 pukul 1:49 pm | #18

    zha gag berhasil ketika mindahin gbr A ke B ,, gmn niiiiiii

    • Mei 31, 2010 pukul 9:58 am | #19

      hafizah:
      pilih tool Move di kemudian click dan tahan mouse di gmbr.A seret ke gambar B. treus lepas clickannya kelar dech…. coba lagi dech…

  17. deep
    Mei 26, 2010 pukul 7:18 am | #20

    yes bisa

  18. Juni 23, 2010 pukul 10:32 am | #21

    wah makasih banget nih langsung bisa, kalo baca bukunya malah tambah rumit.

  19. Juli 13, 2010 pukul 2:08 pm | #22

    mas masih bingung niee…
    tulalit saya”
    gak bisa2 gabunginnya???
    minta sarannya???

  20. Agustus 4, 2010 pukul 4:40 pm | #23

    asli… aku uijek buingung….. (tp tetep mau coba ni…)

  21. misbach
    Agustus 7, 2010 pukul 9:30 am | #24

    makasih mas, sedikit2 dah ngerti, tolong ajarin carany rubah foto orang yang rambutnya pendek bisa jadi panjang …… tlong mas ya….

  22. Desember 5, 2010 pukul 12:00 am | #25

    keren bangetz gan…:D

  23. Sumantri
    April 20, 2011 pukul 11:04 am | #26

    mas aq pndatang baru mw ty. ada gx sih fasilitas untuk menampilkan clip art pada photshop selain menggunakan brush dan shape…???

  24. April 23, 2011 pukul 5:43 am | #27

    Trimakasih Infonya Mas.

  25. sebuah nama sebuah cerita
    April 30, 2011 pukul 3:05 am | #28

    saya mau tanya, kalau memasukan foto ke dalam logo/gambar lainya gmn,, biar hasilnya sama kayak masukin foto kedalam tulisan kan bisa tu, tulisanya kelihatan dan fotonya juga kelihatan…. thankss

  26. dhira
    Mei 3, 2011 pukul 1:33 pm | #29

    lha terus cara dapetin photo shopnya gmn????yg gratisan gt hehehhe :D

  27. Mei 5, 2011 pukul 6:48 am | #30

    kebaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaay

  28. Mei 15, 2011 pukul 12:17 pm | #31

    caranya maseh tradisional bgd bung…
    wewewkekk

  29. Juni 12, 2011 pukul 6:52 am | #32

    ko aku gak ketemu kak tulisan memory and image chace…

  30. September 5, 2011 pukul 9:53 pm | #33

    cara menggabungkan image misalnya hewan sama manusia gimana Gan..?

  31. September 7, 2011 pukul 2:33 pm | #34

    q udah tau yg kya gitu !!!

  32. September 28, 2011 pukul 10:56 am | #35

    makasih

    nambah dikit ilmu aku buat belajar photoshop thanks abang

  33. September 28, 2011 pukul 11:42 am | #36

    wah anda lucu deh orangnya smart.ak Mau coba ah

  34. ssdfsa
    November 6, 2011 pukul 1:28 pm | #37

    wah. membantu banget nih informasi. soalnya susah kalau belajar sendiri ga ada tutorial begini

  35. November 14, 2011 pukul 10:29 am | #38

    ptoshop qw menu edit (copy,cut,paste) ngk aktif Gan…gmn ya..bantu donk

  36. dirat
    Desember 4, 2011 pukul 11:35 pm | #39

    kok klo saya pindahkan layer yg sudah dipotong bacgrounya ikut

  37. deka
    Desember 15, 2011 pukul 12:04 am | #40

    thx infox…. sangat membantu…

  38. Januari 7, 2012 pukul 10:52 pm | #41

    bagus bngt tuh ,,,,,bisa nmbh ilmu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  39. dedi
    Januari 8, 2012 pukul 4:03 pm | #42

    cara menyamakan fhoto dengan ukuran pixel yang berbeda gimana mas

  40. ahmad
    Maret 4, 2012 pukul 3:11 pm | #43

    nice share…. makasih….

  41. April 8, 2012 pukul 4:28 pm | #44

    Mantep Gan tutorialnya___sangat membantu banget Thank’s

  42. iwan
    April 19, 2012 pukul 9:25 am | #45

    makasi info’a ,,saya tadi’a bisa tapi udah lupa :P
    karna baca postingan ente ane inget lagi

  43. April 29, 2012 pukul 1:17 pm | #46

    terlalu banyak bahasan yang ga penting … jadi kesel bawaan nya :P just komeng ojo nesu …

  44. Mei 6, 2012 pukul 4:54 pm | #47

    kok background yang putih-outihnya ngikut ya ?

  45. pujaan hatiku
    Mei 21, 2012 pukul 9:38 pm | #48

    gan saat ane pindah ke gambar B yg kehapus/putih kok jg ikut nempel ke gmbr B

  46. Vefi Putumas
    Juni 15, 2012 pukul 10:40 pm | #49

    kalo cm mo ambil wajah nya aj gmane?

  47. Juli 24, 2012 pukul 8:47 pm | #50

    mas, waktu saya mindahin gambar orang ke gambar (lokasi) nya, kok background warna putihnya ngikut?

  48. sagir celluler
    Juli 31, 2012 pukul 5:40 am | #51

    thnx ilmunya ya

  49. Dina SlaluCayang MMom
    Agustus 15, 2012 pukul 1:51 am | #52

    Auu ahh ribet

    • September 14, 2012 pukul 10:53 am | #53

      tulus :
      Assalamu ‘alaikum
      Ok dah q hrs buru2 praktek mi
      makacih
      Wasalamu ‘alaikum

  50. Agustus 21, 2012 pukul 8:37 pm | #54

    thanks gan, tpi agak pjg. Jjur agak bingung

  51. Agustus 21, 2012 pukul 8:39 pm | #55

    thanks gan… Tpi agak ruwet juga, agak bingung dah…

  52. Oktober 24, 2012 pukul 5:05 pm | #56

    susahh yahh

  53. Maret 30, 2013 pukul 3:12 pm | #57

    maattttttahhhh eson tao kake men menje

  54. April 10, 2013 pukul 10:52 am | #58

    Hey there, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog in Firefox, it looks fine but when opening
    in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, very good blog!

  55. April 10, 2013 pukul 10:57 am | #59

    Yes! Finally something about denver windows.

  56. April 10, 2013 pukul 11:03 am | #60

    With havin so much written content do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation?
    My blog has a lot of completely unique content I’ve either authored myself or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the web without my permission. Do you know any solutions to help reduce content from being stolen? I’d genuinely appreciate it.

  57. Juli 30, 2013 pukul 10:14 am | #61

    aduh bingung ni mas bacanya

  58. April 12, 2014 pukul 4:59 pm | #62

    Thanks for ones marvelous posting! I definitely enjoyed reading it,
    you will be a great author. I will remember to bookmark your blog and will come
    back down the road. I want to encourage you to ultimately continue your great work, have a nice afternoon!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: