Membuat dan menggunakan fasilitas E-mail


Hei…teman-teman apa kabar neh?” ketemu lagi ya sama Ms. tutorial jombi_par,.kali ini kita kan membahas cara membuat email sekaligus penggunaannya.Mungkin sebagian teman-teman udah enggak asing lagi sama yang namanya email apalagi yang sering ikutan nimbrung di Friendster atau pace book. wah pastinya ngatain saya ya …..kalau saya sih gak bakalan marah tapi yang lain bisa marah lho..”(he.._..he)”.

Oke , sebelumnya saya mau kasih tahu sama teman-teman kenapa saya ngambil tema ini,?.Perlu teman-teman ketahui ternyata masih banyak lho yang belum tahu apa saja yang bisa di gunain di email kita dan bahkan ada juga yang belum tahu cara buat email .Mau Tanya mungkin malu ,makanya saya berinisiatif untuk membuat tutorial ini.

Nah dari pada bicara panjang lebar membuat teman-teman jadi bosan membaca, lebih baik kita langsung aja ke topic kita….ayo ….lari…(Cape..mas……he…he..)”.

Pertama –tama yang mesti dilakukan adalah duduk di depan computer yang terkoneksi ke internet….iya enggak…?., nah kalau udah gitu coba ketik alamat – alamat yang menyediakan email gratisan:

· www.yahoo.com

· www.google.com

· www.plasa.com

· www.hotmail.com

Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan account email di yahoo.com kenapa mesti di yahoo?”, mungkin karena tren kalinya ,Dan yang pastinya enggak bakalan ngaruh karena fasilitasnya sama aja yaitu untuk kirim surat juga jadi jangan di permasalahkan.Hanya saja ada sebagian penyedia layanan email ini yang katanya mudah di bobol oleh para hecker ….jahil..(saya juga pernah lho…..foto di friendster seseorang saya ganti dengan gambar kuda ……) alamat friendsternya ….rahasia dong……

Sekarang kita kembali ke laptop…,

Kalau gitu coba ikutin langkah-langkah saya pilih aja www.yahoo.com dan setelah itu teman-teman akan melihat halaman yahoo. Seperti Gbr.1.

Kebetulan saya ambil gambar yang pentingnya aja.

Nah kalau udah begini sekarang kita pilih salah satu menu antara :

· Sign Up

· Sign In

Kalau kita belum punya account ya kita harus daftar dulu betul enggak?, Maka dengan sangat terpaksa saya menyarankan kepada anda untuk memilih menu Sign Up maka dengan menunggu sebentar maka akan mucul tampilan formulir dimana disinilah kita akan memasukn identitas kita (harus….yang benar lho…ngisinya…he…he).

Kira –kira seperti contoh gambar berikut ini:

nah Gbr.2 tersebut merupkan salah satu contoh formulir pengisian.

Disini kalau saya boleh kasih saran coba ganti dulu pilihan I Prefer content from menu pilihan bahasa

Kalau kita biarkan bahasnaya tetap dalam bahasa inggris maka alamt email kita akan berakhiran com eg: setan.goblok@yahoo.com

tapi kalau kita ganti menjadi menu bahasa Indonesia maka akhirannya menjadi : setan.goblok@yahoo.co.id sayangnya jadi enggak kelihatan pinter tuch.. Tapi ada juga enaknya kalau terjadi kesalahan dalam penulisan pengisian formulir maka akan ada pemberitahuan dalam bentuk bahasa Indonesia .jadi kita lebih tahu dimana letak kesalahannya.

Nah untuk ganti menu bahasanya coba perhatikan Gbr.3 berikut jangan sampai terlewatkan…ya…

Nah sekarang tugas teman-teman dalah mengisi bagian formulir tersebut.

Kalau kita udah nulis didalam kotak pengisian klik di luar kotak pengisian terebut sampai kaluar tanda ceklis .

Pokoknya isi sesuai dengan perintah nya oke….

Selanjutnya coba cek dulu account email yang akan di gunakan supaya enggak sama dengan orang lain dan biasanya kalau udah ada yang sama dengan email yang kita buat maka akan muncul pemberitahuan bahwa email yang anda gunakan telah di gunakan oleh orang lain.

Contoh email yang sudah di gunakan ketika saya memasukan alamat email dengan nama setan maka muncul beberapa lamat itu nih dia gambarnya di Gbr.4:

Dengan demikian saya pun mengganti alamat tersebut menjadi setan.goblok@yahoo.co.id, lalu saya cek lagi dan hasilnya jreng enggak ada yang sama lho ini dia yang saya maksud Gbr.5:

Pada menu sandi saya sarankan agar menggunakan campuran karakter dan bilangan misalnya :p4ssw0rd, kenapa harus seperti itu ….kalau tanya soal ini kayaknya teman-teman juga tahu dong ..?”,Enggak tahu…” ya udah aku ngalah dech ,

Hal ini untuk menjaga keamanan email kita ,oke kalau email kita di gunakan hanya untuk iseng doang yang enggak ada yang penting di dalamnya tapi kalau email kita gunakan untuk transaksi perbankan ,wah bisa bahaya tuch..dan satu lagi saran saya jangan sekali-kali menggunakan tanggal lahir atau angka-angka yang berurutan misalnya: 123456 nah yang ini juga sama bahayanya. Tapi terserah teman-teman itu Cuma saran koq….jangan marah ya?’.

Selanjutnya menu email alternatif boleh diisi atau dikosongkan tidak masalah, tapi kalau bisa diisi hal ini dimunkinkan kalau kita lupa dengan alamat email kita ,tapi kalau teman-teman tidak pelupa enggak usah ditulis bukan…?”,.

Kita lihat menu berikutnya dimenu pertanyaan keamanan disini kita diminta memilih pertanyaan dari sekian pertanyaan, nah yang ini harus di ingat soalnya kalau kita lupa pasword atau alamat email maka pertanyaan ini yang kan di keluarkan oleh pihak penyedia layan email (yahoo.com), kemudian jawabannya pun harus sesuai dengan yang anda pilih yang berada di menu berikutnya atau pada menu jawaban anda .kalau yang ini udah selesai maka kita tinggal beberapa saat lagi akan segera melihat email kita …..makanya yang sabar ya…..”orang sabar disayang abang eh salah…,maksudnya disayang tuhan ,Gitu loh…….he….he……”

Selanjutnya kemenu terakhir yaitu teman-teman diminta mengetikan beberapa kata dan huruf seperti pada Gbr.6 berikut:

Kenapa menu ini juga jadi penting apsti ada alasannya iya enggak ini dia alasannya ,

Demi keamanan pihak yaho memastikan bahwa yang membuat email ini adalah manusia bukan alat yang di kendalikan program ,dengan demikian ,hanya manusia saja yang bisa membaca dan menentukan tulisan yang di berikan oleh pihak yahoo.com. gimana udah ngerti belum,……belum?” makanya banyak baca buku dong…….he…he….

Dan pada menu Preferensi email pemasaran dan Anda setuju, ceklis aja …..kalau udah maka klik Buat akun saya ,

Nah kalau udah maka akan ada ucapan selamat dari pihak yahoo. Atau pihak penyedia layanan email gratisan. Seperti pada Gbr.7 berikut:

Kalau udah begini berarti kita udah selesai misi kita buat email nah sekarang coba klik lanjut atau kamu bisa juga keluar dari seluruh alamat addres yang ada di komputer atau keluar dari alamat yahoo ajalah, nah kalau gitu ketik alamat yahoo.com terus lakukan sign In maka anda akan disuruh memasukan email anda beserta paswordnya /sandinya.

Seandainya setelah klik lanjut terus kelaur Gbr.8 sebagai berikut:

Nah kalau udah gini coba di sign Out yang di blok seperti pada gambar di atas ,perlu di perhatikan kalau kita sudah login kedalam akun atau email kita maka jangan lupa di sign Out ,boleh aja enggak di sign out tapi jangan kaget tiba-tiba email anda tidak bisa digunakan lagi alias jadi milik orang lain ,apalagi hal ini terjadi pada saat anda di warnet….koq bisa gitu ya….?.

Coba simak penjelasan dari abang…

Ketika anda lupa keluar dari account maka cokies yang di terima di komputer anda tetap ada dan bisa digunakan , ketika seseorang datang dan duduk di komputer yang anda tinggalkan kemudian dia membuka yahoo.com dan melakukan login maka secara tiba –tiba mucul nama email anda lengkap denagn sandinya walupun seandainya di encrypsi , si pengunjung tinggal klik login maka dengan demikian dia login sebagai anda . Toh dia enggak tahu kode sandi kita kan di encrypsi?”

Betul sekali anda benar ,tapi sayangnya masih ada yang perlu anda ketahui ,.

Jika si pengunjung awam tentang hal ini maka selamatlah anda ,tapi bagaimana jika sipengunjung itu mengambil cokies anda, dengan bantuan browser di komputer, kemudian dia memasukan cookies yang telah dia dapatkan kedalam alamat email dia kemudian sijahil ini menekan forgot pada alamat email anda secara otomatis kode sandi anda akan dikirim ke email sijahil ini .jadi kesimpulannya……tentunya teman-teman udah pada tahu dong

Sekali lagi hati-hati ya…..kalau enggak hati –hati bisa-bisa kena duri loh…..sakit dech,

Selanjunya kita bahas bagaimana cara menggunakan email nah yang nih enggak kalah pentingnya sebab eggak mungkin banget kalu kita Cuma bisa buat email tanpa bisa menggunakan aplikasinya ,

Nah dalam sesi ini saya akan coba sedikit membahas kegunaan email ini, sekarang kita login dulu ke email kita yuk….!!.

Setelah masuk kedalam account email kita kira-kira seperti Gbr.9 di bawah ini:

lihat tampilan disamping menunjukan bagaimana ketika saya pertama kali login ke account saya.

Disitu terlihat ada 78 email baru yang saya terima ,selanjutnya saya klik menu yang bergambar surat tersebut di bawah nama saya,

Lalu tunggu sebentar sampai mucul kalimat view your cell mail .

;kemudian klik kata terebut , teman-teman akan segera isi tampilan account milik teman-teman sekalian ,nah disitu ada beberapa aplikasi yang akan di gunakn seperti, menambah kontak ,kotak masuk draf ,berita terkirim ,dan menu-menu lainnya. Supaya teman-teman tahu coba perhatikan Gbr.10 dari acounnt saya di yahoo.com.

Kalau teman-teman sering menulis sms ,maka tampilan dan menu hampir sama dan yang terpenting tahu…dong ..!.

Manu yang sering digunakan yaitu menu tulis , cek surat,hapus surat.draf

Masal, terkirim,dll.

Saya akan mencoba membuka salah satu email yang dikirim oleh orang lain caranya :

Klik kotak masuk , kemudian akan tampil pesan-pesan yang belum saya baca ,untuk melihat isi pesan tersebut coba klik pada salah satu pengirim sampai munul tanda ceklis, kemudian klik dua kali pada topik atau klik kanan kemudian pilih menu open new link .setelah itu tunggu sebentar maka akan terlihat isi pesan tersebut

Nah kira-kira seperti Gbr.11 disamping kalau kita mau membaca email dari salah satu email yang di terima dalam account email kita .untuk menghapus pesan teman-teman bisa menceklis satu atau lebih .dengan cara klik satu-satu sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard, setelah itu baru pilih opsi hapus .

Selanjutnya bagaimana kalau kita mau tulis pesan dimana kita juga akan mengirim file (data) /foto, tanpa harus menulis ulang di email, maka coba ikuti langkah –langkah dari abang (anak palembang) yang ganteng ini……he…….he…..”(^_^)”*******.

Pertama pilih opsi Tulis setelah itu tunggu hingga muncul tampilan seperti pada Gbr.12

Nah pada gambar tersebut ada beberapa menu yang harus kita ketahui tersebut ada menu, kontak, terus pada sub-menu surat ada pilihan kirim, simpan sebagi draf ,batal , dari. Kepada,topik, masukan alamat, tamabahkan CC(copy carbone) atau BCC(becarbone copy) dan lampirkan teks serta tambah akun saya

Manu yang ada pada kolom teks area diamana kita akan menulis pesan itu hampir sama ketika kita menulis di Microsoft Office word, jadi enggak aneh dong..?”.

Kalau udah begini masukan alamat email kita pada menu dari dan almat tujuan yang akan dikirimi pesan dan jangan lupa topiknya di isi biar lebih jelas ,setelah itu coba teman-teman tulis mialnya: mas say kirimin “foto saya buat mas…yang paling ganteng di hutan…….(Emanganya ….samson kali ya?)”.

Setalah itu kita masukan file yang sudah kita buat sebelumnya yaitu pada pilihan lampirkan teks klik disitu sampai muncul perintah seperti pada Gbr.13 .

pada gambar tersebut ada kata Browse teman-teman bisa memasukan lima file yang berbeda ,banyak juga bukan ,tapi kalau Cuma 15 Kb ya cukup pake satu aja oke ,kalau ssudah coba pilih salah satunya klik browse. Maka tunggu sebentar sampai muncul perintah untuk memasukan atau memilih dari direktrori/file mana yang akan anda masukan lhat gbr .14

misalnya say memasukan file email tutorial yang berada pada direktori E:Deden .teman-teman bingung siapa deden itu ….itu flasdisk teman saya …..he…he……

Lalu saya klik open maka secara otomatis akan masuk kaedalam email kita yang kemudian akan ada pemberitahuan bahwa file telah di lampirkan .

Gampang bukan?.” ya iya ……lah ……Cuma baca doang mah gampang……” .

Kita beralih ke fungsi yang lain yaitu BCC dan CC ,untuk menjelaskan fungsi ini saya tidak akan menjelaskan dengan gambar karena terlalu makan tempat harap maklum ya….?’

BCC merupakan fasilitas yang terdapat pada email yang memudahkan kita untuk mengirim email ke banyak alamat email dengan topik yang sama dimana penerima akan tahu bahwa selain alamat dia yang dikirimi email masih ada juga alamat yang lainnya yang di kirimi email si penerima bisa tahu karena di dalam kotak masuk dilampirkan alamat email yang lainnya ,dan biasanya fasilitas ini digunakan untuk promosi ….misal saya mau mengirim ke 3 alamat email yang berbeda dengan topik yang sama ,maka saya akan menulis sebagai berikut

Dari : jombi_par@yahoo.com

Kepada: rio_raw@yahoo.com, (alamat tujuan utama dan sifatnya bebas)

BCC : rahmat_vina@yahoo.com; setan.goblo@yahoo.co.id ..

Topik :tolong hancurkan situs www:xnxx.com.

dari ilustarsi diatas bahwa saya kan mengirimi email kepada tiga email akan tetapi tujuan utama saya yaitu rio , rio bisa tahu kalau saya juga mengirim email ke alamat rahmat dan setan .

sedangkan CC si penerima tidak tahu kalau pesan yang di terimanya juga di terima ke alamat yang lain karena alamat tidak di lampirkan di kotak masuk. Tapi fungsinya masih sama, yaitu mengirim kebanyak alamat email dengan satu topik ,gimana bisa di mengerti bukan apa itu BCC dan CC .

sebenarnya masih banyak fasilitas yang bisa di manfaatkan ,tapi saya cukupkan dulu sampai sini, untuk yang lainnya silahkan coba sendiri karena ada pepatah yang mengatakan”

pengalaman adalah guru terbaik dalam mengetahui sesuatu makanya kalau saya kasih tahu terus maka

teman-teman akan tahu hanya yang saya kasih tahu, yang artinya saya akan menjadi orang sok pintar ……lain ceritanya kalau teman-teman mencoba sendiri dan tentunya teman-teman juga bisa memberitahu ketika saya salah dalam berbagi ilmu kali ini…

Oke …..SELAMAT MENCOBA DAN SUKSES SELALU

Salam manis selalu from:

jombi_par@yahoo.com

7 responses to “Membuat dan menggunakan fasilitas E-mail

  1. bos_bikorsus Agustus 19, 2008 pukul 5:13 am

    salam hormat, ada info menarik buat anda di http//www.formulabisnis.com/?id=newmember

  2. vini Februari 28, 2009 pukul 12:33 pm

    kalau kita lp ma alamat email buat login ke friendster gmn caranya??

    pliz….

    bantuannya….

  3. Dedy April 18, 2009 pukul 6:53 pm

    Bang yg jenius q ini orngx msh katro,q bru aj bkin email dn lngsung dftr fb dn fs,tpi q msh bingung memasukn foto di blokq q bngung sb q makek warnet jdi ap via kabel dta,at via blutet pakai hp,untk msukan foto di fb and fs.bntu q kirimin crax di emailq
    gaulhabis40@yahoo.co.id

    • rahmatvinacerpus April 20, 2009 pukul 5:36 pm

      maksudnya masukin foto ke fs n fb ya? ,
      kalu emang mau transfer aja dulu dari hp ke eksternal disk pake kabel data eg: flasdisk, udah gitu baru upload,
      tapi kalau fasiltas blutoth udah tersedia diwarnet ya pasti bisa mas , good luck🙂

  4. Ryo September 3, 2010 pukul 1:35 am

    Bang bagai mna cara nya bisa masuk ke email saya soal nya Password saya ada yang merubah jdi saya eng bsa masuk tolong bantuan nya iya bang………..

  5. ari November 10, 2010 pukul 6:53 pm

    bang!!! email sy terlanjur berbahasa inggis saya mau ngerubah dengan bahasa kita(indonesia)tapi gimana caranya??? mohon petunjuk nya
    makasih atas penjelasannya

  6. indry afriani November 25, 2013 pukul 2:54 pm

    hai gw indry
    lox mnurut gw penjelazan na trlalu panjang bnget
    zampek ngantuk ni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: