Ngutak – Ngatik komputer

Halo pengunjung yang setia , kali ini abang akan sedikit memberikan tutorial yang agak berebeda sesuai dengan judulnya.

Pasti ada yang bertanya kenapa judulnya enggak terfokus ?, apa udah habis ide Ya ?.

Yang nanya seperti itu juga bener .tentu ada alasan tertentu kenapa saya ambil judul ini ,

Alasannya karena saya suka sama kalian…..(sory Cuma becanda…he….he…).

Kebanyakan orang sering meremehkan fasilitas yang ada di komputer padahal fasilitas itu menjadi kunci yang terpenting bagi kita menjalankan suatu aplikasi di komputer dengan nyaman dan aman.

Missalnya saya ambil contoh ketika teman-teman sedang asyik mengolah foto di photoshop tiba-tiba komputer mati tanpa sebab., Mungkin anda langsung memfonis komputer dengan segala macam alasan.Tanpa mencari masalahnya.

Dari pada lama-lama mendingan kita cari tahu fasilitas –fasilitas yang bermanfaat tersebut.

1. Memperpanjang umur hardisk

Salah satu komponen yang paling vital dalam komputer adalah hardisk tanpa hardisk kita tidak bisa menyimpan data .Nah ketika ada hardisk tentunya kita enggak mau kalau hardisk yang kita beli kemudian cepat rusak atau mati alias bener-bener enggak bisa di pakai lagi selain harus beli yang baru data yang ada di dalamnya sudah pasti hilang dong…!!, sebelum terlambat maka cegah hardisk kita dari tangan-tangan setan….he….he…..,

Salah satu pencegahan yang sangat di anjurkan adalah mendefrag atau menscan hardisk baik dengan software bantuan atau fasilitas yang telah dis edikan OS seperti windows.

Kali ini saya Cuma mau memanfaatkan yang sudah ada yaitu mendefrag hardisk dengan tool yang di sediakan Os windows caranya teman-teman cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Tapi sebelumnya saya coba jelaskan sedikit apa itu Defrag, mendefrag artinya kita menyusun ulang kembali file-file yang terdapat pada komputer dengan susunan yang benar sehingga head pada hardisk bisa membaca/mengenalnya dengan cepat.

Langkah pertama

Klik start | All Program| Accessories| System Tools |Disk defragmenter

Kemudian klik disk defragmenter maka akan mncul tampilan drive mana yang akan di tata ulang seprti gambar berikut

Pada jendela tersebut kita Cuma memilih disk drive mana yang akan di defrag , pilih salah satu saja lalu klik Defragment cara perwatan sederhana bisa mencegah hardisk dari boot sector mudah bukan, terus lakukan minimal sebulan sekali dan tentunya manfaatnya akan sangat terasa .

Selain dengan Tool tresebut kita juga bisa gunain Software lain missal :Tun Up utilieties ,Norton system work dll.

2. Mencari informasi spesifikasi komputer yang kita gunakan

Yang satu ini juga enggak kalah penting ,karena bisa saja kita di bohongin oleh penjual ketika kita membeli komputer , Enggak mau dong.. di bohongin ?Sakit hati ini…di buatnya,

Dari pada bunuh diri gara-gara di bohongin mendingan ikuti tipsnya aja.

Cara nya sama seperti yang saya jelasin diatas hanya yang kita klik yaitu

Klik start | All Program| Accessories| System Tools |System Informasi

Tampilannya kira –kira seperti gambar berikut:

Seperti gambar diatas merupakan Tampilan semua informasi seputar spesifikasi komputer yang kita pakai .So sekarang kita enggak usah khawatir di bohongin……

3. Mengatur resolusi layar

Mengatur resolusi pada layar caranya sangat mudah dan sederhana akan tetapi terkadang karena terlalu mudah kita sering terkecoh dengan yang satu ini ,Misal ketika pertama kali kita nyalain komputer booting berhasil dilakukan pada saat masuk system operasinya tiba-tiba blank alias enggak tampil apapun biasanya sering terjadi pada client yang kita seting dari komputer server.

Don’t panic dulu, tuch komputer enggak rusak, yang perlu kita lakukan Sett aj Layarnya bisa pake menu manual di monitor atau pake klik kanan di sembarang tempat pada layar monitor Lalu pilih Properties kebetulan saya punya gambarnya

Nah pada menu ini juga kita bisa mensetting yang lainnya ,Misal tampilan desktopnya, screen server,Themes ,Dan yang pastinya coba aja sendiri dan jangan takut rusak dech soalnya enggak ngaruh kesistem koq….selamat mencoba ya…!!.

4. Menghilangan Audio Sound

Nah kalau yang satu nih penting banget bagi yang suka jahil ,…….

Tapi penting juga bagi anda yang suka di jahilin .Misalnya saya ambil kasus ketika saya membuka aplikasi Media player tiba-tiba ada peringatan Not recommended ,atau ada gambar tapi enggak ada suaranya padahal soundnya enggak apa-apa,Kalau enggak tahu bisa pusing tuch..

Coba anda cek terlebih dahulu pada Contro panel komputer anda dengan cara:

Start| Control panel |Lalu double klik pada Icon Sound and Audio Device

Sampai muncul tampilan seperti gambar berikut:

lalu beri tanda chek box pada menu Mute lalu klik Aply dan Ok . jika hal ini dilakukan Sound Audio anda akan hilang alias enggak ada suaranya, Tapi gambarnya tetap jalan,,,Tapi enggak enak kan ….jadi kayak orang gagu….he…he..

Kalau enggak mau, ilangin aja chek bok biar normal lagi.

Kalu teman-teman mau ngilangin secra selurunya artinya system tidak merespon sama sekali, caranya juga gampang Coba masuk kedalam System Bios pada menu Advance pada bios pilih On board HD Audio lalu pilih disable kemudian save configuration kalau udah maka hasilnya suaranya hilang dan system tidak merespon sama sekali alias mati total, nah kalau yang enggak tahu bisa-bisa stress di buatnya ,Kalau ingin kembali normal cukup Enable kebalikan dari disable

Untuk yang satu ini enggak saya kasih gambar karena terlalu ribet dan menu keyboardnya beda-komputer beda juga menunya untuk masuk ke System bios. Tapi tenang aja saya akan kasih sedikit gambaran;

Pas nyalain komputer ketika masih booting atau loading Takan Tombol Delete pada key board sampai keluar kotak dialog yang banyak menu-menu untuk mengatur semua yang berhubungan dengan perangkat keras komputer bisa dikatakan sebagai tempat konfigurasi komputer dengan Dunia luar.

Kira-kira gambaran seperti itu dech coba aja ok………………………………………ok……

5. Mengenal program Liar

Kenapa saya lebih suka bilang kalau virus itu program liar ..karena virus sendiri merupakan program yang di buat oleh seseorang dengan tujuan tertentu yang kemudian di jalankan di komputer kia ,bukankah itu program liar, Beda halnya kalau kita sengaja buat virus di komputer kita yang akan kita tularkan ke komputer lain itu bukan program liar namanya tapi program uji coba namanya….he….he….

Saat ini banyak sekali virus dengan segala kehebatannya sampai –sampai kita di buat runyem ,baru-baru ini muncul virus yang langsung merusak hardisk dan system mejadi blank alias hilang ,setelah di install ulang komputer bisa di gunakan lagi beberapa saat kemudian komputer restart sendiri dan blank lagi.

Untuk virus yang satu ini agak sulit untuk di basmi oleh anti virus ,dan biasanya penularanya melalui file –file yang di download dari internet khusunya dengan gambar-gambar tidak seronok atau game melalui media Flasdisk .

Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati betul enggak ,Nah kalu gitu caranya ketika anda mau masukan Flasdisk kedalam komputer tekan tombol Shift pada keyboard secara bersamaan sambil memasukan Flasdisk agar virus tidak langsung berjalan otomatis .

jika kita mau mengecek apakah komputer kita terjangkit atau tidak ,coba cek melalui Task manager dengan menekan Tombol Ctrl+Alt+Delete sampai muncul gambar berikut.

kalau muncul lihat di dalam layar tersebut apakah ada program yang sedang bekerja tapi mencurigai kalau ada , pilih aja kemudian klik End task .

Akan tetapi biasanya virus akan menutup akses task manager termasuk regedit pada cmd (jendela windows pada key board+R) , folder option, sehingga kita benar – benar mati kutu di buatnya, maka dengan sangat menyesal saya anjurkan Format saja hardisk anda itulah jalan terakhir jika segala upaya telah di lakukan tetap tidak bisa. akan tetapi jika salah satu menu perintah tersebut dapat di jalankan maka masih ada peluang data kita tak akan hilang.

Missal regedit masih bisa di pakai maka anda bisa menggunakan software C_Cleener atau yang lainnya untuk membasmi virus tersebut.Kemudian cari register yang dianggap aneh lalu hapus saja register tersebut

Dengan cara ini lebih ampuh karena virus biasanya behrdiam diri disini khusnya system32 dan di tempatkan pada Aplikasi yang berextensi *.Doc, *.jpg , .*Txt ,kenapa demikian si pembuat virus tahu bahwa kebanyakan orang sering membuka aplikasi Microsoft Office sebagai salah satu aplikasi yang sering di gunakan untuk pengetikan , kemudian gambar yang di sukai kalangan muda “.

Pesan terakhir saya buat teman-teman “ hati-hatilah……sebelum terlambat,…”

6. Menambahkan password pada komputer

Menambakan password pada komputer sebenarnya enggak terlalu penting apalagi komputer di rumah sendiri.Tapi apa salahnya demi keamanan data-data kita sebaiknya saya njurkan agar gunakan password di komputer anda.

Supaya enggak dianggap pelit oleh pihak lain maka kasiah aja user buat tamu(Guest) dimana si tamu hanya bisa menyimpan dan memakai aplikasi tanpa bisa menginstal program atau menghapus program tanpa se izin administrator.atau si tamu tidak boleh membuka data-data yang dianggap penting anda juga bisa menambahkan hak akses pada data tersebut.

Unruk caranya coba klik

Start|All program|Control Panel|klik Icon User account

kira –kira tampilan jendelanya seperti berikut ,

terus yang mesti kamu lakuin adalah create new account untuk membuat user baru kalau belum ada user di komputer , kalau udah ada bisa juga mengubah hak akses account atau yang lainnya dengan memilih menu change an Account nah kalau menu Change the way Users log On or Off, itu enggak terlalu penting Cuma bgaimana cara ketika salah satu user masuk kedalm komputer.

Nah kalau udah di buat siapa admin(Tuan rumah) dan siap tamu, selanjutnya kita juga bisa menambahkan folder mana saj yang boleh diakses oleh tamu maupun Admin caranya pilih salah satu Folder kemudian Klik kanan ,Lalu pilih Properties setelah muncul jendela jendela menu baru di situ ada pilihan menu general,sharing, security, Costumize klik menu sharing lalu pilih share this folder kalau udah coba klik menu security kemudian disitu akan muncul nama –nama user , kalau anda ingin menambah Users anda cukup pilih menu Add atau Advance kemudian anda tentukan juga permission artinya apa saja sih yang bisa dilakukan oleh user yang kita pilih..,Emang kalau enggak sambil praktek gak bakal ngerti jadi langsung praktek ya……..pasti kamu bisa koq..?.

7. Mematikan komputer secra Automatic

Yang satu kamu boleh coba buat ngerjain temen kamu , ya itung –itung sombong karena kamu udah selangkah lebih tahu dari dia …..he….(jangan di praktekan ya..!!),

Nah ketika kamu kesel missal ada temen suka numpang ngetik di komputer akamu terus biar komputer itu mati setelah satu jam atau 15 menit .

Maka kamu juga bisa mensetting ya lho…..pengen tahu caranya ,

Coba kamu buka control panel komputernya terus pilih Icon Power Option nah dimenu ini kamu boleh

pilih menu Turn Off Monitor untuk ukuran waktu tentunya trerserah kamu tapi kalau kamu ubah yang satu ini kamu hanya melihat monitornya aja yang mati.

Nah kalau kamu set di turn Off hard disk maka hasilnya komputer bener-bener mati cause system windows berada di hardisk nah kalau kita buat mati tuh hardisk artinya…..udah bisa di tebak dong,..

Pokonya kalau mau bukti coba aja ok,Satu lagi kalau kamu enggak berhasil coba masuk kedalam system Bios komputer anda lalu cari menu Power terus masuk ke Sub Menu APM Configuration lalu pilih menu Power on by Alert lalu pilih Enable artinya dengan enable setiap set di control panel yang kita lakukan akan di respon oleh komputer Or system…..Selamat mencoba ya…

By :Jombi_Par@yahoo.co.id

12 responses to “Ngutak – Ngatik komputer

  1. tulus Agustus 9, 2008 pukul 5:58 am

    udah tawu
    yang lain da ga
    sekelas hacking2

  2. jombi_par September 4, 2008 pukul 7:19 am

    mas tulus kalau mas mau lihat slah satu hasil kejahatan di dunia maya coba klik http://hadiba.web.ugm.ac.id/cb/ terus pilih yang friendster .txt dan jangan terkejut kalu udah lihat isinya pokoknya diam-diam aja oke…………….mumpung saya lagi baik , nah kalau mau tahu caranya kapan kapan saya buat tutorialny dech oke enggak tuch ,kalau sekarng saya lagi mals nulis nih he………………he……….:)

  3. bambang Mei 5, 2009 pukul 5:33 pm

    gimana cara masukan picture dalam sistem propertise

  4. yoni Januari 25, 2010 pukul 11:56 am

    bisa tambahin tifs yang banyak biar kita bisa belajar sama mas ini

  5. wedding website make easy Juli 14, 2013 pukul 3:16 am

    You can easily publish, create, delete, edit any content and images on your website in a hassle-free manner and there
    is no need to take help from Word – Press developers and designers.
    To overcome these problems, images are required to have text such as the ALT tag or captions that you provide.
    Current research shows that text written in easy to read fonts (such as Serif) is
    less well remember than text written less readable fonts and may impair cognition.

  6. http://www.cercovacanza.it/ Juli 26, 2013 pukul 4:41 pm

    Not a bad idea , you have plenty of Mauritius Holiday Packages, Dubai tour packages from UK from various tour operators and these places are great not just for those looking for a holiday with something different but also for those newlywed couples who can’t decide how and where to spend their honeymoon. Single traveller holidays are perfect for those used to organising their lives and arranging what to do in their spare time. adsense_ad_unit += ‘

  7. Wedding Planning Juli 27, 2013 pukul 5:45 pm

    Hello there, You’ve done an incredible job. I’ll certainly digg
    it and personally recommend to my friends. I’m confident they will be benefited from this site.

  8. couchsurfing.org September 30, 2013 pukul 1:39 pm

    First off I want to say fantastic blog! I had a quick question which
    I’d like to ask if you do not mind. I was interested to find out how
    you center yourself and clear your head before writing.

    I have had trouble clearing my thoughts in getting my thoughts out.
    I truly do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes tend to
    be lost just trying to figure out how to begin. Any suggestions or tips?

    Thank you!

  9. Catherine Maret 30, 2014 pukul 7:03 am

    Hi there! I could have sworn I’ve visited this website before
    but after going through many of the posts I realized it’s new
    to me. Anyways, I’m definitely delighted I discovered it and I’ll be bookmarking it and checking back regularly!

  10. Disza Jatnika Athar April 25, 2015 pukul 9:44 am

    makasih gan, ini manfaat bngt .

  11. Dwi rosdiana Mei 1, 2016 pukul 9:00 am

    Pingin tanya, seandainya aku mematikan komputer secara otomatis 20 menit tpi kita lgi ngerjain tugas di ms.word, nanti stelah 20 menit kemudian laptop kita kan mati terus data yg kta kerjain di ms.wopd bkal kehapus ga? Apa nge-save otomatis? Makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: