Menentukan Warna Cel Pada Microsoft Office Exel 2003 sesuai dengan isi cell yang kita Tentukan

Selamat datang saya ucapakan kepada pengunjung setia , Oke kali ini saya kan membahas Salah Tips dalam menggunakan Aplikasi Microsoft Office Excel 2003.

Mungkin udah enggak asing Lagi ya , Dengan yang namanya Office Excel 2003 ?”.

Makanya saya mau sedikit berbagi ilmu Dengan para pengunjung setia saya.

saya mau sedikit Berkomentar nih, Banyak orang bilang Kalau Microsoft Excel , itu Cuma buat tabel doang , Nah yang ngomong kaya gitu itu tandanya orang sok tahu(sok pintar).

Padahal perlu Sahabat ketahui ternyata dalam Excel banyak sekali Tips yang tersembunyi dalam menyelesaikan persoalan yang berhubungan pekerjaan sehari-hari.

Misalnya saya seorang guru , terus saya akan membuat tabel nilai ,Tapi saya Ingin ketika Cell tersebut berisi Angka 70 ,warna cellnya hijau , 60 warna kuning 50 warna Merah , .

gampang Caranya klik cell yang dimaksud lalu Pilih border terus pilih sanding”.

Thanks ya Mas itu bener banget, Cuma kendalanya gimana kalau data itu jumlahnya seribu data Gimana? Pegel kan tangan saya ,;

Kira –kira itulah alasannya kenapa saya bahas Soal ini, Nah bagi yang udah tahu jangan ngatain ya……he…..he…

Sekarang kita mulai aja , Pertama kita buka program Microsoft Excel 2003 di komputer kita caranya dah tahu kan? ini dech saya kasih tahu:

Start | All Program | Microsoft Office | Microsoft office 2003.

Nah kira kira kaya gitu Dech, Oh ya sebenernya saya mau jelasin Pake Mirosoft Excel 2007 , tapi saya lebih suka pake 2003 Lebih Familiar tapi caranya hampir sama koq, oke kita lanjutin yuk, setelah muncul Sheet kerja Coba Kita buat sebuah data yang dimulai Colum (B5:D16), Terus ketik sesuai yang anda inginkan

Sekarang kita akan mengubah cell sesuai isi field seperti yang saya jelasin diatas ,

Nah sedikit saya kasih tahu, Tahu enggak kalau Program VB , Foxfro, Acces , Adalah satu keluarga , termasuk Excel yang bisa menggunkan modul Vb Script, untuk lebih jelasnya coba ikuti commando saya .

Sorot kolom (B5:D16), | pada menu Tool bar Pilih Tool Visual Basic Editor| Setelah Muncul tampilan Visual basic | Klik Menu bar Insert | Modul |Terus ketikan Script seperti di bawah ini ,

Sebentar Mas ? Kenapa di Microsoft Excel 2003 saya enggak ada Tool Visual basicnya? Mas bohong ya?”,

Jangan fitnah mungkin belum dikeluarrin kali , coba deh ikuti langkah saya ,

Klik menu bar View | Klik Toolbar | Kasih ceklist Pada menu Visual basic,

kayak gambar berikut ini:

Sampai muncul Tool bar Visual basic kayak yang sekalian saya tunjukin nih , bisa digeser-geser loh ,

2a.exel

Nah ini dia Tool VB yang saya maksud , terus ngapain dong , makanya ikutin dulu baru ngomong,

tadi kan udah disorot kolom (B5:D16), kalau udah pilih menu Tool Bar yang saya kasih lingkaran pada gambar diatas kalau udah muncul jendela baru coba, Klik Menu Bar Insert | Modul |Terus Pilih Menu Module ,

ini gambarnya:

setelah itu coba ketik kayak yang saya tunjukan pada gamabar berikut ini dan perlu diketahui harus hati hati dalam penulisan sebab kurang koma aja script enggak mau jalan. jadi hati-hati oke!,

kalau udah diketik Coba tekan F5, mungkin Kita enggak akan melihat reaksi dari script yang kita buat tapi coba lihat pada sheet kerja pada Microsoft Excel, kira-kira kalau scriptnya bener tampilannya seperti berikut ini:

kira –kira gitulah , so sedikit saya kasih tahu untuk nilai warna kita bisa ubah-ubah sendiri kalau mau warna putih ganti aja jadi MyCell.Value = “”

pokoknya coba aja sendiri saya yakin bisa koq, nah biar lebih jelas mumpung saya lagi baik nih , Saya kasih Scriptnya , ditulis ya?”

=======================================================================

Sub warnaSel()

‘beritahukan VBA bahwa variable myCell adalah range

Dim MyCell As Range

‘Loop dengan For Each…Next

For Each MyCell In Selection

If MyCell.Value Like “*Buku*” Then

‘Set warna latar sel ke merah

MyCell.Interior.ColorIndex = 3

MyCell.Font.ColorIndex = 2

MyCell.Font.Bold = True

ElseIf MyCell.Value Like “*Pencil*” Then

‘set warna Latar sel kehijau

MyCell.Interior.ColorIndex = 4

MyCell.Font.ColorIndex = 1

MyCell.Font.Bold = True

ElseIf MyCell.Value = “” Then

‘Hilangkan warna latar Sel

MyCell.Interior.ColorIndex = xlNone

Else

‘set Warna Latar sel kebiru

MyCell.Interior.ColorIndex = 5

MyCell.Font.ColorIndex = 2

MyCell.Font.Bold = True

End If

Next

End Sub

=======================================================================

=======================================================================

Udah dulu ya lain kali kita nyambung lagi dengan topic dan pembahasan yang baru selamat mencoba dan semoga berhasil🙂

By :jombi_par@yahoo.com

3 responses to “Menentukan Warna Cel Pada Microsoft Office Exel 2003 sesuai dengan isi cell yang kita Tentukan

  1. arie Januari 30, 2009 pukul 3:17 pm

    mas kalo warna itu dibuat otomatis bisa gk mas? misal kita di cell A1 ngetik huruf 1 or 2 or 3, dll, lha di cell B1 kita ketik rumus excel = IF(A1>5,”BENAR’,”SALAH”). lha itu saya mau kalo pas di B1 itu BENAR, maka otomatis cell B1 itu warnanya MErah, tapi kalo salah HIJAU. bisa gk mas? kalo bisa tolong kirim tutornya ke email saya ya mas. saya butuh banget nih untuk kerja mas. terima kasih

  2. uchu Februari 3, 2009 pukul 7:47 pm

    mas ini adalah pelajaran baru bagi saya. dan kalo warna itu dibuat otomatis bisa gk mas? misal kita di cell A1 ngetik huruf 1 or 2 or 3, dll, lha di cell B1 kita ketik rumus excel = IF(A1>5,”BENAR’,”SALAH”). lha itu saya mau kalo pas di B1 itu BENAR, maka otomatis cell B1 itu warnanya MErah, tapi kalo salah HIJAU. bisa gk mas? kalo bisa tolong kirim tutornya ke email saya ya mas. saya butuh banget nih untuk kerja mas. terima kasih

  3. imam Maret 25, 2009 pukul 11:57 am

    terimakasih banyak ilmu nya

Tinggalkan Balasan

