Membuat Efect bayangan Menggunakan Photoshop

selamat datang dan jumpa kembali Di Blog tercinta ini dan mudah-mudahan kan selalu memberi manfaat bagi kita semua Amien…….,

Para pengunjung yang setia , Pada tutorial sebelumnya saya sempet membahas Menggabungkan dua gambar dengan Adobe Photoshop, Mungkin ada yang bertanya desain seperti itu terlalu gampang dan sepele , wow…..hebat euy,..

Oke ,untuk kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman dalam membuat effect menggunkan hotoshop, Masih seperti dulu , saya tetap menggunakan Adobe Photoshop 7.0. (jadul ..benget tuch!), biar dech , jadul yang penting rasanya bung..he…he…

oke sebelum kita mulai saya ingin menunjukan sebuah gambar hasil effect denngan photoshop :

kira-kira ada yang minat enggak untuk membuat gambar

tersebut?;

nah bagi yang minat kita teruskan topicnya, Terus mesti ngapain nech ,

Langkah pertama buka Aplikasi Adobe potoshop ,

setelah itu coba anda buat file baru dengan cara :

File | New| , Kemudian tentukan ukuranya sesuai dengan kebutuhan kita misal saya ambil ukuran 2 x 3 inch,

atau ingin menentukan ukuran sendiri juga boleh pilih aja costum, Nah Pada menu Mode pilih RGB atau CMK asal jangan Grayscale, kemudian pada content pilih white.

selajutnya klik aja OK.

setelah muncul lembar kerja baru sekarang kita akan carai gambar di folder yang ada di komputer terserah gambar apa , yang penting jangan gambar yang itu…tuch…Ayo jangan pada mikir Viktor ya! (Pikiran kotor), ok .kita lanjutkan lagi,

Kali ini saya coba mengambar Icon linux Apalagi kalau bukan Pinguin , Nah dibagian belakang penguin namapak lembar kerja yang akan kita kerjakan sekrang coba anda pilih Move Tool pada menu Tool bar ;

kLik gambar Tahan lalu pindahkan Ke lembar kerja dan kemudian lepaskan kliknya maka gambar tersebut akan tercopy pada kertas kerja yang kosong tersebut.

Kalu udah Klik pada layer1, setealh di klik Tekan tombol Ctrl + T (Trasformasi) setalah muncul sudut –sudut seperti pada gamabr diatas coab perbesar gambar tersebut sesuai kebutuhan .jika sudah tekan Enter untuk mngakhiri sesi ini.

selanjutnya coba anda plih layer1 kemudian pilih Magic Wand tool terus hilangkan warna yang ada di samoping penguin tersebut caranya klik dulu slah satu sisinya, Kemudian tekan Tombol Shift, .

jika telah terseleksi tekan tombol Delete pada keyboard ,hingga hasilnya menjadi seperti gambar disampingnya.

dan bukan tool magic wand saja yang bisa di pakai untuk menghilangkan warna disampngnya tapi anda juga bisa menggunkan tool yang lainnya .

kalau udah sekarang coba buat duplikat dari layer 1 ,caranya klik kanan |Duplicate Layer pada menu layer name buat aja sesuka anda yang penting anda bisa membedakannya.

kalu udah ada duplicatenya ,sekarang tugas anda adalah merubah posisi gambar layer 2 menjadi posisi yang berlawanan dengan layer2 kayak gambar berikut ini :

kalu udah kayak gini coba sekaranf pilih Tool Recentanguler Marquee , kemudian pada layer coba anda buat layer baru caranya klik pada bagian bawah kayak gini nih:

Create New Layer, kalau udah terbentuk layer boleh dikasih nama atau tidak misal kita kasih nama Bacground1 , kemudian seleksi sebagian pada kertas kerja setelah kita menklik Layer Bacground1 , selanjutnya pilih menu gradient Tool :

jika telah di pilih warnanya coba anda drag , di mulai dari pojok atas yang kita seleksi hingga mnjadi seperti gambar berikut :

Nah pada Background 1 Fiil nya ganti menjadi 47%, coba anda buat duplicatenya kemudian ubah Capacity color nyamenjadi : 10% kayak gambar berikut ini

pada bagian ini biarkan penguin yang diatas tertutup , kllau sudah tertutup , kemudian pindahkan Layer 1 (gambar penguin) /naikan manjadi diatas layer 3 ,atau duplicate layer background 1 ;hingga hasilnya menjadi seperti ini:

nah kira –kira begitu lah caranya dan emang agak berbeda denagn hasil yang diatas tapi tenang aja caranya tetap sama kok, nah untuk capacity pada penguin yang paling bawah (bayangan), ubah aja menjadi : 17%,

kalau anda merasa gamabr tersebut kurang cerah anda bisa mengubah capacitynya sesuai selera anda .

tugas anda sekarang adalah membuat tulisan Unix

Anda pilih menu text Kemudian ketik kata Unix (terserah anda) kemudian klik kanan pada layer ini (layer unix) dan plih Blending Option , pada bagian ini anda dapat menetukan warna tulisantesrebut , silahkan anda pilih sesuai denagn yang anda kehendaki :hingga hasilnya seperti berikut ini, :

Nah kalu anda benar-benar mengikuti maka hasilnya akan seperti gambar diatas, dan tentunya kalau anda mau mendesain lebih jauh maka hasilnya akan lebih baik dari yang saya buat . dan saya yakin anda semua pasti bisa.

And satu lagi kunci menguasai pothoshop adalah bagaimana anda memahami layer dan tmbol sortcut

(Ctrl + T) : Untuk melihat dan memutar object man yang sedang kita kerjakan ,

(Ctrl+ tombol Min(-)) : Untuk memperbesar dan memperkecil ukuran Object,

( Ctrl +Z) : Untuk melihat pekerjaan sebelumnya sebanyak satu kali , jika lebih dari satu kali gunakan tombol (Ctrl +Alt+ Z)

kenapa saya kasih tahu hal ini , karena menurut sya inilah salah satu penyebab saya sedikit tahu dalam menggunakan Adobe pothoshop .

Tap entah menurut anda mungkin anda punya cara tersendiri untuk lebih memahaminya ,.

Oke , say ucapkan terimakasih atas kunjungan dan kesediannya untuk mendengar cerita saya ini , Dan Saya yakin Anda pasti bisa “See You Next Times Bro” .

Salam manis selalu

Jombi_par@yahoo.com

3 responses to “Membuat Efect bayangan Menggunakan Photoshop

  1. hario September 12, 2008 pukul 3:52 am


    BLOG BARU KU OE…..

    oia gimana Pesantre ramadhan mahasiswanya? oke kagak???

  2. jangwahyu Januari 6, 2009 pukul 1:54 pm

    bagus mas tip dan trik adobe nya tambahin lagi dong saya lg belajar mengedit ngedit foto nich salam kenal

  3. natural premature ejaculation cures Juli 24, 2013 pukul 2:48 pm

    Greetings! Very useful advice within this post! It’s the little changes which will make the most important changes. Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: