Accses database melalui cmd(Command propt)

Accses database melalui cmd(Command propt)

Welcome Back , Di http://komputertutorial.co.nr , Ok Sekarang Saya Akan Sedikit Berbagii Pengalaman Dalam Membuat Data Base Menggunakan Bahasa SQL Melalui Command Prompt , Sebelum Kita Memulai Materi Ini Mungkin Ada Diantara Teman-Teman Sudah Tidak Merasa Canggung Lagi Dengan Yang Anamanya Database , Ya , Database , Merupakan Salah Satu Nyawa Dalam Setiap Program, Tanpa Data Base, Terasa Hampalah Program Tersebut……He….He….:

Jika Kita Ke Dunia Maya Tentu Sering Lihat Web-Web Yang Keren , Kan… Nah Salah Satu Yang Berperan Dalam Web Tersebut Adalah Database , Tentunya Dalam Data Base Inilah User Web Disimpan, Eh Tunggu Duldu Koq Nyambung Ke Web Sih ……..?’,
Oh Ya ..Karena Ada Hubungan Dengan Yang Satu Ini…Makanya Bancanyadim Lanjutin!,
Common Kita Letsgo To CMD Or Command Prompt Bro……!”

Microsoft Windows XP [Version 5.1.2600]
(C) Copyright 1985-2001 Microsoft Corp.

C:Documents and SettingsRAHMAT>

sekarang kita sudah di cmd nih,,, he…..he.. , tanpa banyak
basa basi kit alangsung aja coy…..

C:Documents and SettingsRAHMAT>
kali ini saya akan menggunakan server local Apche2triad versi 4, pokokke terserah anda yag penting ada server localnya 

C:Documents and SettingsRAHMAT>
untuk mengakses database yang ada di local host tentunya kita perlu tahu direktori-direktori penting yang ada di localhost, dan biasanya kita memasukan url http:// localhost/phpmyadmin di browser kita , setelah itu baru kita bisa login kedatabase kita , tapi kali ini kita coba lewat underdos Windows yang kita sebut CMD.

C:Documents and SettingsRAHMAT>
misalanya saya coba akses mysql saya yang terletak di C:

C:Documents and SettingsRAHMAT>cd..
C:Documents and Settings>cd..
C:>dir
Volume in drive C is RAHMAT
Volume Serial Number is A4EE-228A

Directory of C:

18/05/2005 06:14 0 AUTOEXEC.BAT
26/04/2005 22:04 78 autorun.inf
09/05/2005 20:21 25.739 BarStyle.dat
23/11/2005 11:55 216 boot.ini
05/09/2005 22:38 0 CONFIG.SYS
22/11/2005 08:43 <DIR> Documents and Settings
25/05/2005 07:35 0 DTSHDSpOut.txt
04/09/2005 10:26 <DIR> Inetpub
18/05/2005 06:14 0 IO.SYS
09/04/2005 22:18 0 MSDOS.SYS
27/05/2005 08:19 <DIR> My Documents
24/11/2005 07:58 1.220 mysql
03/08/2004 13:38 47.564 NTDETECT.COM
03/08/2004 13:59 250.032 ntldr
19/11/2005 15:24 13.030 PDOXUSRS.NET
22/11/2005 08:18 <DIR> Program Files
22/11/2005 08:04 <DIR> Temp
10/02/2008 12:58 <DIR> Temp_NIS
18/11/2005 12:13 0 TP0C3BF9.$$$
19/04/2008 12:29 <DIR> TransTool
16/11/2005 10:07 <DIR> unzipped
24/11/2005 08:09 31 USE
22/11/2005 15:34 <DIR> WINDOWS
20/11/2005 18:10 146 YServer.txt
15 File(s) 338.056 bytes
9 Dir(s) 23.381.229.568 bytes free
kemudian kita panggil apache2triad , atau sesuaikan dengan nama versi servel local kita

C:>cd apache2triad
C:apache2triad>dir
Volume in drive C is RAHMAT
Volume Serial Number is A4EE-228A

Directory of C:apache2triad

28/05/2005 06:01 15.159 about_apache.txt
28/05/2005 06:01 11.800 apache2triad_changelog.txt
28/05/2005 06:01 18.347 apache2triad_license.txt
28/05/2005 06:05 4.305 apache2triad_readme.txt
28/05/2005 06:04 <DIR> bin
28/05/2005 06:01 644.097 changes.txt
28/05/2005 06:01 <DIR> conf
28/05/2005 06:01 <DIR> error
28/05/2005 06:01 <DIR> ftp
21/11/2005 11:09 <DIR> htdocs
28/05/2005 06:02 <DIR> icons
28/05/2005 06:01 3.832 install.txt
28/05/2005 06:01 33.261 license.txt
28/05/2005 06:06 <DIR> logs
24/11/2005 06:56 <DIR> mail
28/05/2005 06:02 <DIR> manual
28/05/2005 06:02 <DIR> modules
28/05/2005 06:02 <DIR> mysql
28/05/2005 06:02 <DIR> opssl
28/05/2005 06:02 <DIR> perl
28/05/2005 06:03 <DIR> pgsql
28/05/2005 06:04 <DIR> php
28/05/2005 06:04 <DIR> python
28/05/2005 06:01 3.599 readme.txt
23/11/2005 11:17 <DIR> temp
28/05/2005 06:05 45.208 uninstall.exe
9 File(s) 779.608 bytes
17 Dir(s) 23.381.229.568 bytes free

C:apache2triad>
cari yang bernama mysql’

C:apache2triad>cd mysql
C:apache2triadmysql>cd…
C:apache2triadmysql>cd..
C:apache2triad>
atau bisa juga pake perintah:

C:apache2triad>cd mysqlbin
C:apache2triadmysqlbin>

gimana….gini enggak tuch, kalu udah berarti benar,

C:apache2triadmysqlbin>
sekarang kita akses ke databasenya caranya gimana?, ikutin saya oke,!….coba ketik kaya di bawah ini:

C:apache2triadmysqlbin>mysql

Ooo….., ada error, kenapa ya/, coba tambahin perintah gini dech,

C:apache2triadmysqlbin>mysql -u root -h localhost -p
Enter password: ******************
ERROR 1045: Access denied for user: ‘root@localhost’ (Using password: YES)
pada keterangan diatas menjelaskan bahwa user=root pada localhost
itu sudah benar tetapi sudah menggunakan password, nah kalau usernya misal: Admin maka printahnya menjadi
mysql –u admin –h localhost(server) –p, gampang kan?”

C:apache2triadmysqlbin>

nah disini kita diminta password jadi perintah pertama kita gunakan mysql enggak bisa soalnya local host udah di Proteck tuch…anggap saja saya udah tahu passwordnya..he….he…

C:apache2triadmysqlbin>mysql -u root -h localhost -p
Enter password: ******
Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; or g.
Your MySQL connection id is 12 to server version: 4.0.26-nt-log
Type ‘help;’ or ‘h’ for help. Type ‘c’ to clear the buffer.
mysql>
masuk nih ke mysql -nya horee……………………..terus passwordnya
apaannya?” (rahasia dong );
sekarang kita lihat database yang ada disini; caranya

mysql> SHOW DATABASES;
+————+
| Database |
+————+
| forum_kita |
| karyawandb |
| latih1a |
| latih2b |
| mysql |
| rahmat_123 |
+————+
6 rows in set (1.49 sec)

kalau kita ingin melihat salah satu tabel yang ada dalam database, gunakan perintah kayak berikut ini:

mysql> USE latih1a;
Database changed
—————————————————————–
setelah terpilih ,dan muncul keterangan‘Database changed’ ,kemudian untuk lihat isinya gunakan Perintah berikut:
—————————————————————–
mysql> SHOW TABLES;
+——————-+
| Tables_in_latih1a |
+——————-+
| daftar_anggota |
+——————-+
1 row in set (0.00 sec)
mysql> DESCRIBE daftar_anggota ;
+———-+——————+——+—–+————+——–
| Field | Type | Null | Key | Default | Extra |
+———-+——————+——+—–+————+——–| noid | int(10) unsigned | | PRI | NULL | auto_increment |
| nama | varchar(35) | | | | |
| kelamin | char(2) | YES | | NULL | |
| kota | varchar(60) | YES | | NULL | |
| tgllahir | date | YES | | 0000-00-00 | |
| kode_pos | varchar(5) | YES | | NULL | |
6 rows in set (0.05 sec)

mysql> SELECT*FROM daftar_anggota;
+——+————–+———+———–+————+——-
| noid | nama | kelamin | kota | tgllahir | kode_pos |
+——+————–+———+———–+————+——-
| 1 | Rahmattullah | L | Palembang | 1987-03-23 | 1376 |
| 2 | Jombi_par | L | Bandung | 1987-04-23 | 13754 |
| 3 | Perdi | L | Jambi | 1988-04-24 | 16421 |
| 4 | Rini | P | Bogor | 1989-04-13 | 16567 |
| 5 | Melita | P | Depok | 1989-07-05 | 16513 |
| 6 | Firdaus | L | Bogor | 1989-05-05 | 16543 |
+——+————–+———+———–+————+——-
6 rows in set (0.00 sec)
yah engggak ada passwordnya ya enggak seru ya?.
Tenang kalau yang di maksud user admin atau root aksesnya pake perintah ini nih:
mysql> USE mysql
Database changed

terus lanjutkan dengan perintah:
mysql> SELECT user, host, password FROM user ;
+——+———–+——————+
| user | host | password |
+——+———–+——————+
| root | localhost | 5a6921df350e9d94 |
| | localhost | |
+——+———–+——————+
2 rows in set (0.00 sec)
mysql>
kalau udah gini kamu bisa ubah password yang sempet kamu curi sebelumnyakeren enggak ,cara gampang cukup gunakan perintah begini nih ‘
mysql> UPDATE user SET password=password(‘terserah’)
-> WHERE user=’root’;(enter)
mysql>
melelui cmd ini anda bisa membuat database dengan Mysql yang selanjutnya anda bisa belajar Mysql lebih visual dan interactive di bandingkan dengan mennggunakan perantara notepade atau Php desaigner, tentu anda harus berkali-kali mengeksekusi, tapi dengan cmd anda bisa langsung melihat hasil scrip Mysql yang anda buat asyik kan , …nah kalau kamu mau belajar lebih lanjut saya punya banyak file PDF-nya loh , kalau mau entar saya bagi-bagiin dech asal kirim emaill kesaya dulu ya……biar sekalian say add di bku contack….he..he.. .
Sedikit tambahan dari saya untuk mengakses data di local host anda juga bisa langsung mengetikan perintah kayak gini:
Microsoft Windows XP [Version 5.1.2600]
(C) Copyright 1985-2001 Microsoft Corp.
C:Documents and Settingsjombi@par>localhost/&? mysql -u root -h Localhost -p
Terus enter dan jika localhostnya sudah dikasih password biasanya anda akan diminta memasukan password, untuk user anda bisa juga memasukan dengan nama yang lain sesuai yang ada pada databases. Sedikit berbeda untuk dilinux perintahnya menggunakan :
C:>lwp_request localhost/&? Mysql-request -u root -h localhost -p
Enter yups coba aja ya , soalnya saya pernah nyolog database, di jaringan computer berbasis linux diamana dilocalhost dipasang situs local untuk test para siswanya, and hasilnya asyik bro….,
Untuk mengecek udah pake password atau belum jangan pake -p, jadi sintaknya:
C:>lwp_request localhost/&? Mysql-request -u root -h localhost
Jika berhasil anda akan masuk sebgai root , wow….dan anda bisa melihat apa aja yang ada di databases kaya k gini nih :

mysql> use mysql
Database changed
mysql> SHOW DATABASES;
+———-+
| Database |
+———-+
| data_gw |
| mysql |
+———-+
2 rows in set (0.00 sec)

mysql> USE DATA_gw
Database changed
mysql> SHOW TAbles;
+——————-+
| Tables_in_data_gw |
+——————-+
| user |
+——————-+
1 row in set (0.00 sec)

mysql> select*FROM user;
+—-+——–+——–+
| no | name | pass |
+—-+——–+——–+
| 1 | rahmat | af22bd |
| 2 | Perdi | 72fg6a |
+—-+——–+——–+
2 rows in set (0.00 sec)

mysql>

perhatikan disitu ada user dengan passwordnya tanpa encrypsi keren kan?, he…..he…. ,
Coba anda kembangkan gimana kalau sebuah server web yang menggunkan linux pada jaringan lain terus anda berikan syntax kaya gitu apa yang terjadi? Saya belum tahu…he..he…maklum saya baru nyoba di jaringan berskala lan…..dicoba ya…saya tunggu share-nya….he..he. 

By: Jombi_par

6 responses to “Accses database melalui cmd(Command propt)

  1. azis Oktober 3, 2009 pukul 10:11 am

    makisih atas infonya karena membantu saya dalam belajar membuat databases. law ada yang lnjutannya tolong kirim email ke aku ya mas.

  2. qieky Mei 27, 2010 pukul 5:53 pm

    aku kan mw buat database pake php tp d apache2triad ga bs nyambung k localhost,gmna c caranya apa saya salah instal atau gmna????

    • Rahmat Mei 31, 2010 pukul 9:51 am

      qieky:

      coba chek dulu , udah di coba login ke mysql servernya?, terus buat script phpnya juga dah bener lom :
      ex:
      –>script php
      $host=”localhost”;
      $user=”root”;
      $pass=”(pasword database)”;
      $dbase=”database anda’;

      $server=mysql_connect($host,$user,$pass);
      $connect_db=mysql_select_db($dbase,$server) or die (“Tidak ditemukan database”.$dbase.”);
      if ($connect){
      echo ” keneksi berhasil !”;
      }
      else{
      echo ” Gagal koneksi”;
      }
      — end scripr–>

      nah, kalau udah begini masih gak konek, coba masuk ke control panel di apache2Triad, terus aktikan scrip errornya dari OFF jadi ON, biar kalau ada yang error dikasih tahu di mana letak error

  3. WUASU Desember 15, 2011 pukul 2:47 pm

    PASSWORDNYA ENTER!! JUANCOKK IKI YG PUNYA BLOG E

  4. paralegals use math Oktober 18, 2012 pukul 12:25 pm

    Howdy! This is my first visit to your blog!
    We are a collection of volunteers and starting a new project in a community in the same
    niche. Your blog provided us beneficial information to work on.

    You have done a outstanding job!

  5. david Februari 18, 2013 pukul 10:54 am

    keren bang boleh dong bang mnta tutorial yang pdf na.. kirim ke email saya y bang tnx infoo na..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: